Jumat, 13 Desember 2013

The Invasion (2007)

 SINOPSIS
Carol Bennett (Nicole Kidman) adalah seorang psikiater yang tinggal berdua dengan anaknya Oliver setelah bercerai dengan suaminya Tucker. Kini Carol mengencani Ben, seorang ilmuwan. Sebuah pesawat antariksa bernama Patriot meledak dan semua kepingannya tersebar. Lambat laun, semua orang mulai berperilaku terdiam tanpa emosi. Saat Carol sadar kalau mantan suaminya telah terkena perilaku aneh itu, Carol menyadari bahwa anaknya dalam bahaya.

RATING

PG-13 for violence, disturbing images, and terror

REVIEW

Ini memang film yang lamaaaa banget. Sudah 6 tahun yang lalu. Promosi yang kencang-kencang dan kritik jelek tak berakhir dipersembahkan pada karya pertama sutradara Oliver Hirschbiegel dalam bahasa Inggris. Padahal jajaran cast-nya mumpuni lho, ada Nicole Kidman yang remarkable di horror dalam The Others besutan Alejandro Amenabar dan Daniel Craig yang tatkala proses pengambilan film ini terpilih untuk menjadi James Bond selanjutnya. Jadi apa yang salah?
 
Jujur saja sih, kalau saya cukup enjoy menonton film ini. Maksudnya, saya belum menonton versi-versi sebelumnya dan menurut saya ini film komersil yang lumayan untuk ditonton. Kendati, banyak tensinya yang terasa film aksi dan thriller kebanyakan. PG-13, dan yang kau dapatkan adalah tensi seperti film-film dengan rating yang sama. Makanya, banyak yang berharap kalau film ini akan melebihi adaptasi sebelumnya. Baca-baca di Wikipedia sih, akhir untuk cerita ini sebenarnya kurang menyenangkan, dimana tokoh utamanya berakhir menjadi korban. Ditambah lagi tokoh Carol yang asli adalah seorang lelaki diganti jadi wanita. Sehingga, banyak yang mencemooh film ini.
 
Menurut saya semuanya oke-oke saja. Sebuah film yang pantas muncul di TV dan menjadi tontonan di malam hari. Apalagi Nicole Kidman mengingatkan saya dengan seorang ibu yang kuat di sebuah pesawat. Ya, Jodie Foster dalam Flightplan. Karena saya jarang menonton film yang komersil begini, jadi ibaratnya film ini sebagai rehat sajalah. Jujur deh, capek juga nonton sesuatu yang terlalu berat. Gara-gara torrent-nya ada, kan sayang kalau kesempatannya dilewatkan. Hehehe. Buat kalian yang seorang awam dan tidak punya ekspetasi apa-apa, boleh banget nonton film ini. Cukup light untuk novelnya yang berakhir menyedihkan.

Ketika saya mencari komentar-komentar dari situs-situs terkenal, memang sih, kelihatannya mereka langsung membandingkan dengan versi sebelumnya. Film ini nanti diikuti kegagalannya oleh The Day the Earth Stood Still yang dibintangi Keanu Reeves setahun setelah film ini. Karena film ini, saya jadi mulai suka film-film abduction begini. Namun masih tidak ada (bagi saya, lho) yang mengisahkan alien abduction yang mengalahkan The Faculty milik Robert Rodriguez. Filmnya kalau dirasa-rasa sih agak sama, tapi The Faculty fun dan kamu tidak akan bosan menontonnya walaupun sudah tahu akhirnya. Akhirnya, saya sekarang lagi kembali ke film-film lama. Setelah trauma unduhan torrent nya ternyata film B tahun sekarang yang malah terlihat kayak rekaman film-film biru di Internet. Setidaknya, di film jaman dulu, semua tone-nya sama. Jadi film B-nya malah jadi favorit.
 52%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar